china
Asia

Kampanye Media Miliaran Dolar China, Ancaman Utama Demokrasi Dunia

Berita Internasional >> Kampanye Media Miliaran Dolar China, Ancaman Utama Demokrasi Dunia

Aspirasi Partai Komunis China telah berkembang tidak hanya mengendalikan berita di dalam negeri, di mana banyak media Barat, sekarang diblokir di salah satu lingkungan media yang paling ketat di dunia. Partai Komunis China sekarang ingin menciptakan “tatanan media dunia baru” di luar Batasan wilayah negaranya. Kebebasan media di China adalah salah satu yang terburuk di dunia dengan Indeks World Press Freedom dari Reporters Without Borders (RSF) menempatkan China di peringkat 176 dari 180 negara.

Baca Juga: Kesepakatan Perdagangan Amerika China Masih Hadapi Hambatan Besar

Oleh: Sean Mantesso dan Christina Zhou (ABC)

Bulan September 2018, papan iklan yang bergambar kangguru dan panda mulai bermunculan di sekitar ibu kota Australia, Canberra, sebagai bagian dari kampanye iklan senilai US$500 juta yang mendesak pemirsa untuk “melihat perbedaan” di CGTN (Central Global Television Network) milik China, yang tersedia di Foxtel dan Fetch TV.

Tetapi “melihat perbedaan” juga memberikan peringatan penting. Para ahli memperingatkan bahwa media China tersebut sedang digunakan sebagai alat untuk membentuk opini publik dan melayani tujuan ideologis Partai Komunis China di seluruh dunia. Sebagai bagian dari upaya tersebut, pemerintah China melatih jurnalis asing, membeli ruang di media asing, dan memperluas jaringan milik negara pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketika cabang internasional CCTV (China Central Television) berganti nama dan menjadi CGTN pada tahun 2016, Presiden China Xi Jinping mendesak organisasi media dalam surat ucapan selamat untuk “menceritakan kisah China dengan baik” dan menyebarkan suara China.

Pesan itu dilihat sebagai bagian dari ambisi pemerintah China untuk membangun narasi global baru mengenai China, sementara juga menantang demokrasi liberal sebagai kerangka pembangunan dan politik yang ideal. Tetapi ketika China terus memperluas jangkauannya di seluruh dunia, beberapa negara Barat menunjukkan pertentangan.

Pada bulan yang sama ketika papan iklan CGTN bermunculan di seluruh Australia, Amerika Serikat memerintahkan jaringan tersebut dan agen media pemerintah China Xinhua untuk mendaftar sebagai agen asing karena khawatir mereka dapat digunakan sebagai alat untuk campur tangan politik. Para pengamat mengatakan bahwa China dengan cepat memahami pentingnya perang informasi dan kekuatan media untuk membentuk opini publik tidak hanya di dalam negeri, tetapi di seluruh dunia.

China kucurkan miliaran dolar untuk kampanye pengaruh global

Di bawah kepemimpinan Xi, peran China di panggung dunia telah berubah.

Graeme Smith, seorang peneliti di College of Asia and Pacific di Universitas Nasional Australia, mengatakan kepada ABC bahwa meski China “sangat senang untuk tetap tinggal di masa lalu,” China sekarang secara aktif berusaha melancarkan pengaruhnya.

“Dalam pernyataan mantan pemimpin terpenting China Deng Xiaoping, untuk ‘menyembunyikan kekuatan Anda dan menunggu waktu Anda,’ pepatah ‘sembunyi dan tunggu’ kini telah sangat ditinggalkan,” kata Dr Smith, yang juga merupakan pembawa acara dari Little Red Podcast bertema China.

Aspirasi Partai Komunis China telah berkembang tidak hanya mengendalikan berita di dalam negeri, di mana banyak media Barat, termasuk ABC, sekarang diblokir di salah satu lingkungan media yang paling ketat di dunia. Partai Komunis China sekarang ingin menciptakan “tatanan media dunia baru” di luar Batasan wilayah negaranya.

Dalam opini editorial Wall Street Journal yang diterbitkan pada tahun 2011, Li Congjun, mantan presiden media China Xinhua, menyerukan “pengaturan ulang aturan dan tatanan” di industri media internasional, di mana informasi mengalir “dari Barat ke Timur, Utara ke Selatan, dan dari negara maju ke negara berkembang.”

Baca Juga: Benturan Konfusianisme China dan Kristen Barat, Pemicu Perang Dingin Baru

Sementara itu, hasil penyelidikan selama lima bulan yang diterbitkan di The Guardian pada bulan Desember 2018 mengungkapkan “ruang lingkup dan ambisi yang mencengangkan” dari kampanye propaganda seluruh dunia China selama dekade terakhir. Laporan tersebut meliputi komitmen pendahulu Xi, Hu Jintao, pada tahun 2009 untuk membelanjakan 45 miliar Yuan atau $9,3 miliar untuk kampanye ekspansi media untuk mengembangkan CCTV, Xinhua, dan surat kabar People’s Daily.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Pentagon bulan Februari 2019, Xinhua meluncurkan 40 biro asing baru antara tahun 2009 dan 2011 saja. Angka itu melonjak menjadi 162 biro pada tahun 2017 dan menargetkan untuk memiliki 200 biro pada tahun 2020.

CGTN baru saja membuka biro di London, selain yang sudah didirikan di Nairobi dan Washington, memperluas kehadiran koresponden yang sudah sangat besar di seluruh dunia, termasuk di Australia. CGTN mengklaim akan menyiarkan kepada 1,2 miliar orang dalam bahasa Inggris, Rusia, Arab, Prancis, dan China, termasuk 30 juta rumah tangga di AS, yang akan menjadikannya jaringan televisi terbesar di dunia.

‘Ceritakan kisah China dengan baik’

CGTN mengklaim akan menyiarkan kepada 1,2 miliar orang dalam bahasa Inggris, Rusia, Arab, Prancis, dan China. (Foto: ABC News/Jarrod Fankhauser)

Kebangkitan dan keberhasilan relatif dari pemain media global non-Barat yang disponsori negara seperti Russia Today dan Al Jazeera telah memberikan model bisnis potensial untuk ditiru China.

Baca Juga: Praha: Kota yang Mengawasi Mata-Mata China dan Rusia

“Apa yang mereka inginkan dari CGTN adalah seperti BBC bagi rakyat Inggris, menjadi agen kekuatan lunak dan, seperti yang dikatakan Xi Jinping, untuk menceritakan kisah-kisah China dengan baik,” kata Dr Smith. “Tampaknya ada lebih banyak ambisi tentang apa yang diharapkan dapat dilakukan CGTN di dunia.”

Papan iklan bergambar kanguru dan panda mulai bermunculan di ibu kota Australia, Canberra. (Foto: Twitter/Stephen McDonell)

Buzzfeed melaporkan pada bulan Juni 2018 bahwa CGTN sedang dalam proses perekrutan untuk mempekerjakan lebih dari 350 jurnalis untuk biro London.

Dalam iklim pengurangan pekerjaan dan berkurangnya pendapatan untuk kanal berita Barat, cukup mengejutkan ketika dilaporkan terdapat 6.000 pelamar untuk 90 lowongan pekerjaan pertama untuk “melaporkan berita dari perspektif China.”

Tetapi calon jurnalis CGTN diperingatkan agar dapat “menceritakan kisah China dengan baik,” seperti yang diutarakan oleh Presiden Xi. Artinya, dalam hal yang tidak pasti akan bergabung dengan perangkat propaganda Partai Komunis China yang terus berkembang.

Haiqing Yu, seorang profesor di sekolah media dan komunikasi di Universitas RMIT, mengatakan China memiliki “jaringan organisasi media yang paling luas” di dunia dan mempekerjakan ribuan jurnalis, editor, manajer, personel PR, dan orang non-China yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Dr Yu mengatakan bahwa orang-orang itu dikenal dalam bahasa Cina sebagai “wu mao” atau 50 sen, istilah sehari-hari untuk komentator internet yang disewa oleh otoritas China untuk memanipulasi opini publik.

“Meskipun mereka tidak setuju dengan ketentuan tersebut, saya akan mengatakan banyak dari mereka adalah kolaborator yang bersedia, atau bekerja karena alasan praktis, karena bayarannya sangat bagus,” jelasnya.

Baca Juga: Monster Tersembunyi di Balik Diplomasi China

Prinsip utama ekspansi media China adalah menolak nilai-nilai jurnalisme Barat dan menggantikannya dengan prinsip-prinsip yang ramah dengan Partai Komunis China.

Sebuah dekrit pemerintah yang bocor tahun 2013, yang dikenal sebagai “Dokumen 9,” secara terbuka menyerang media Barat dengan mengatakan “gagasan Barat tentang jurnalisme merusak prinsip negara kita bahwa media harus menerapkan semangat partai.”

Kebebasan media di China adalah salah satu yang terburuk di dunia. Indeks World Press Freedom dari Reporters Without Borders (RSF) menempatkan China di peringkat 176 dari 180 negara.

“Di China, hampir tidak mungkin bagi jurnalis profesional untuk menerbitkan apa pun yang tidak akan sejalan dengan pandangan partai,” tutur Cedric Alviani, direktur biro Reporters Without Borders Asia Timur kepada ABC. “Menjadi semakin sulit bahkan untuk blogger atau netizen sipil untuk dapat mengunggah pandangan yang tidak sesuai dengan pandangan partai.”

Kebebasan media di China termasuk yang terburuk di dunia, menurut Reporters Without Borders. (Foto: Reuters/Thomas Peter)

Sementara itu, pemerintah China juga secara aktif menindak situs berita internasional termasuk ABC, sementara mengklaim bahwa internet di China “sepenuhnya terbuka.”

Alviani mengatakan masalah utama sekarang adalah bahwa warga China tidak hanya akan kehilangan harapan untuk memiliki kebebasan pers, tetapi langkah China untuk mempengaruhi dunia media di luar perbatasannya juga akan “menimbulkan ancaman besar bagi demokrasi.” “Jika tatanan media dunia baru ala China terjadi suatu hari nanti, itu akan menjadi dunia di mana pada dasarnya wartawan adalah corong negara-negara di seluruh dunia,” katanya.

Baca Juga: Orang-Orang yang ‘Dihilangkan’ China Tahun 2018

Dicuci otak oleh ‘nilai-nilai jurnalisme Barat’

Kebebasan media di China termasuk yang terburuk di dunia, menurut Reporters Without Borders. (Foto: Reuters/Thomas Peter)

Menurut RSF, China juga memiliki salah satu tingkat penahanan jurnalis tertinggi di dunia. Para pemimpinnya secara terang-terangan menunjukkan bahwa media adalah tangan negara. Tahun 2016, Presiden Xi mengatakan kepada wartawan bahwa “semua pekerjaan oleh media partai harus mencerminkan kehendak partai, melindungi otoritas partai, dan melindungi persatuan partai.”

“Mereka harus mencintai partai, melindungi partai, dan menyelaraskan diri dengan kepemimpinan partai dalam hal pemikiran, politik, dan tindakan,” katanya.

China memiliki salah satu lingkungan media paling ketat di dunia. (Foto: ABC News/Jarrod Fankhauser)

Dalam video yang dibuat dengan apik di tahun 2017 yang diproduksi sebagai bagian dari seri dokumenter yang menampilkan beberapa jurnalis terbaik China, pembawa acara CGTN Pan Deng mengatakan bahwa banyak orang di luar China yang telah “dicuci otak” oleh “nilai jurnalisme Barat.”

Baca Juga: Di Balik Kebangkitan China yang Tak Terduga

Sementara itu presenter CGTN lain menyerang media Barat saat siaran karena keberpihakannya dalam melukiskan Partai Komunis China “secara dangkal dan satu dimensi.”

“Itu adalah kekeliruan media Barat dalam hal melaporkan Cina, tidak berbohong, tetapi tidak pernah mengatakan yang sebenarnya,” katanya.

Dengan sedikit ruang untuk menyimpang dari garis partai, berbagai contoh telah muncul di mana para staf merasa mereka bertindak lebih sebagai agen negara, alih-alih sebagai jurnalis.

Menurut sebuah laporan di Ottawa Magazine dari Kanada, reporter Xinhua Mark Bourrie ditugaskan untuk meliput kunjungan Dalai Lama ke Ottawa pada tahun 2012 dan diminta untuk mencari tahu apa yang dikatakan dalam pertemuan pribadi antara perdana menteri saat itu, Stephen Harper dan pemimpin spiritual Tibet.

The Australian Financial Review mulai menerbitkan konten dari Caixin Global China sejak tahun 2018. (Berita ABC)

Bourrie dilaporkan mengkonfrontasi kepala biro Dacheng Zhang ketika dia menemukan bahwa laporannya tidak akan dipublikasikan. Zhang diduga memberi tahu Bourrie bahwa informasi yang dikumpulkan harus dikirim langsung ke Beijing untuk keperluan intelijen, membuat Bourrie mengundurkan diri saat itu juga.

Kepala biro kemudian membantah tuduhan itu, mengatakan bahwa kebijakan Xinhua adalah untuk “meliput acara publik dengan cara publik” dan bahwa tergantung pada ruang penyuntingan Xinhua untuk memutuskan bagaimana dan apa yang akan dipublikasikan.

Baca Juga: Konflik Perang Dingin Baru Amerika-China: Tak Dapat Diprediksi

Dr Smith, pembawa acara Little Red Podcast, mengatakan dia berpikir bahwa peran utama jurnalis bukan untuk bertindak sebagai agen negara. Meski demikian, dia percaya bahwa terkadang mereka bisa mengumpulkan bahan untuk negara China yang tidak pernah dimaksudkan untuk disiarkan.

Ketika media China terus berkembang secara internasional, muncul pertanyaan tentang pengaruh Partai Komunis China terhadap perusahaan swasta dan milik negara di luar negeri.

‘Meminjam perahu untuk sampai ke laut’

Beberapa siaran radio berbahasa Mandarin di Australia telah dibeli oleh China Radio International atau berbagai perusahaan yang berafiliasi dengan CRI. (Foto: Reuters/Stringer)

Perluasan Xinhua dan CGTN terjadi bersamaan dengan kampanye yang lebih samar untuk membeli ruang siaran di gelombang udara maupun surat kabar asing.

Pepatah China “meminjam perahu untuk sampai ke laut” telah digunakan untuk menggambarkan cara rahasia di mana pemerintah China mampu menyusup ke media lokal di seluruh dunia dengan menggunakan gelombang udara luar negeri untuk menyebarkan pesannya.

Investigasi Reuters tahun 2015 mengungkapkan ada setidaknya 33 stasiun radio di 14 negara “yang merupakan bagian dari jaringan radio global yang disusun sedemikian rupa sehingga mengaburkan pemegang saham mayoritasnya: China Radio International (CRI) yang dikelola pemerintah.”

Para pejabat AS yang ditugasi memantau kepemilikan media asing dan propaganda mengakui mereka tidak mengetahui operasi radio yang dikontrol China sebelum dihubungi oleh Reuters. Ketika ABC menarik diri dari penyiaran melalui gelombang pendek di wilayah Pasifik pada tahun 2017, CRI segera mengambil alih frekuensi yang sama untuk menyiarkan beritanya sendiri.

Baca Juga: Perang Dagang dengan China: Tak Mudah untuk Dimenangkan

Keputusan itu memicu kecaman dari para pendengar yang terpengaruh, tetapi ABC bersikeras pada saat itu bahwa teknologi gelombang pendek sudah ketinggalan zaman dan bahwa upaya memotong layanan akan menghemat dana sebesar $1,9 juta, yang menurut ABC akan diinvestasikan kembali untuk memperluas konten dan layanan.

Menurut Dr Smith, radio berbahasa China di Australia dibeli oleh CRI atau perusahaan yang berafiliasi dengan CRI di sebagian besar kota besar Australia.

“Mereka telah secara efektif memonopoli gelombang udara berbahasa China,” katanya. “Jika Anda mencari suara alternatif, Anda juga harus pergi di internet, karena tidak ada banyak alternatif jika Anda hanya menyalakan radio.”

Sebuah laporan tahun 2016 di Sydney Morning Herald mengutip sumber-sumber media China Australia yang mengatakan bahwa mayoritas media berbahasa China di negara itu dimiliki atau dikendalikan oleh negara China atau berbagai afiliasinya.

“Setidaknya dalam ruang itu mereka sudah cukup baik dalam memastikan bahwa cerita mereka adalah yang akan diceritakan dan bukan yang lain,” kata mantan analis CIA Peter Mattis, yang sekarang menjadi rekan dalam program China di think tank Jamestown Foundation. “Kita dapat melihat bahwa tidak hanya di media berbahasa China, tetapi juga dalam perjanjian berbagi konten yang dicapai di Australia dan banyak surat kabar lainnya di Afrika atau Amerika Latin, untuk memastikan bahwa posisi mereka dan liputan China mereka adalah cerita yang akan dipublikasikan.”

“Perjanjian berbagi konten” ini adalah pengaturan komersial yang memungkinkan China untuk mempublikasikan liputannya sendiri di surat kabar di seluruh dunia dalam bentuk handout atau insert.

‘Kekuatan lunak China dapat menggerakkan roda persahabatan’

China Watch adalah suplemen bulanan yang diterbitkan oleh China Daily yang dulunya didistribusikan di berbagai surat kabar, termasuk Sydney Morning Herald.

Surat kabar yang dihiasi spread penuh satu halaman dan penilaian memukau tentang Presiden China Xi Jinping sekarang dapat ditemukan di berbagai tempat di Eropa, Afrika, hingga Amerika Latin.

Fairfax Media, yang telah diambil alih oleh Nine News, menunjukkan keheranan ketika memasukkan China Watch ke dalam surat kabar setiap bulan sebagai bagian dari kesepakatan pembayaran dengan China Daily yang dikelola pemerintah, meskipun diketahui telah dihapus sejak bulan November 2018 bersama dengan suplemen lain yang telah berhenti sejak saat itu.

Wakil kepala editor China Daily Kang Bing mengatakan pada saat itu bahwa kehadiran Fairfax Media di Australia dan Selandia Baru “berarti pengaruh China Daily akan menyebar untuk mencakup dua negara paling penting di Oceania.” Dia menambahkan bahwa “kekuatan lunak China dapat mendorong roda persahabatannya dengan Australia dan Selandia Baru,” menurut kutipan yang dimuat oleh surat kabar China tersebut.

Baca Juga: China Tampak Bersiap Melepaskan Senjata Ekonomi Terkuatnya, Apa Itu?

Tetapi sifat diam-diam dalam tindakan memasukkan tersebut berarti banyak pembaca tidak mungkin menyadari bahwa mereka mengonsumsi konten yang disponsori oleh Pemerintah China.

“Ya, mereka terlihat berbeda, ada sedikit budaya, tetapi masih terlihat seperti bagian dari surat kabar, mungkin itu adalah bagian majalah khusus,” kata Mattis. “Dan Anda melihat artikel di situs organisasi ini, tidak selalu jelas bahwa mereka benar-benar berbeda. Pembaca biasa bisa dengan mudah melewatkannya, terutama jika mereka tidak siap untuk melihatnya sejak semula.”

Berbagai pertanyaan juga telah diajukan tentang keputusan Australian Financial Review untuk menandatangani perjanjian berbagi konten dengan Caixin Global yang berbasis di Beijing pada bulan November 2018.

Siapakah yang memenangkan perang informasi?

Radio internasional China adalah kekuatan yang jarang terlihat di balik jaringan global stasiun radio. (Foto: ABC News/Jarrod Fankhauser)

Pemerintah China mengumumkan pada tahun 2018 bahwa mereka akan menggabungkan radio dan televisi negara, CGTN dan China Radio International, untuk akhirnya membentuk jaringan propaganda terbesar di dunia, Voice of China. Namanya menunjukkan bahwa Voice of China diharapkan dapat menyaingi media Amerika yang disponsori negara, Voice of America.

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa dorongan media asing China, meski mengejutkan dalam hal skala, cenderung lembek dalam hal eksekusi. Tidak seperti Russia Today dan Al Jazeera, ekspansi China ke media global tidak mampu menarik banyak pengaruh jurnalistik. Hingga kini tidak jelas berapa banyak orang yang telah mendengarkan.

Tujuh puluh tiga juta pengikut laman Facebook CGTN mungkin tampak kuat (lebih dari gabungan Al Jazeera dan BBC), tetapi dua pertiga dari lalu lintas jaringan diperkirakan berasal dari China. Video YouTube CGTN America seringkali menarik kurang dari 1.000 penonton, sedangkan kanal YouTube milik BBC secara teratur menarik lebih dari 50.000 penonton.

Sarah Cook, seorang pakar China dari lembaga think tank AS Freedom House, mengklaim bahwa lebih banyak orang di kota-kota besar Amerika yang menonton konten yang diproduksi oleh NTDTV, sebuah jaringan yang dibuat oleh Falun Gong, gerakan spiritual yang dilarang di China, dibandingkan dengan CGTN.

Baca Juga: Perang Dagang Semakin Meningkat, Media China: ‘Tak Ada yang Bisa Jatuhkan Kami’

Para pengamat menunjukkan kegagalan jaringan dalam jumlah mungkin sebagian disebabkan oleh pemrograman yang seringkali suram dan dapat diprediksi, serta pemblokiran terus-menerus terhadap platform video utama seperti YouTube di dalam batas wilayah China.

“CGTN terjebak di antara dua tujuan ini: ingin menjadi BBC, tetapi pada saat yang sama ingin menyenangkan bos partai. Apa yang menyenangkan pimpinan partai bukanlah apa yang akan membuat Anda layak didengarkan sebagai hiburan,” kata Dr Smith.

Dr Yu, mengutip Yuezhi Zhao dari Universitas Simon Fraser di Kanada, mengatakan bahwa dorongan kekuatan lunak China untuk merk nasional atau membentuk kembali citra nasionalnya, adalah “misi yang mustahil.”

“Ini membuang-buang uang, bertentangan dengan kepentingan bersama kebanyakan orang, dan tidak berkelanjutan,” katanya. Dia menyebutkan pentingnya “ini bukan tentang bagaimana Anda ingin mempengaruhi orang, tapi tentang memiliki kepercayaan pada nilai-nilai Anda sendiri. Ini tentang sistem nilai seperti apa yang kita miliki sebagai orang China, yang meyakinkan, yang dapat dibagikan dengan seluruh dunia. Ini harus menjadi dasar kekuatan lunak China.”

Bukan hal yang akan membuat Anda ingin menonton televisi

Ketika kanal domestik China CCTV berganti nama menjadi CGTN pada tahun 2016, hanya ada sedikit perubahan dalam hal pemrograman.

“Secara harfiah, beberapa menit pertama kehidupan CGTN adalah serangkaian titik-titik Xi Jinping dengan kutipan teka-teki misterius seperti, ‘China harus memahami dunia’ dan ‘dunia harus memahami China’,” tutur Dr Smith. “Itu benar-benar bukan hal yang akan membuat Anda ingin mendengarkan sebuah stasiun televisi.”

Berbagai bagian lain terbukti kontroversial. Sebuah video yang diproduksi oleh kanal YouTube resmi Xinhua, New China TV di puncak perbatasan China dengan India pada tahun 2017 menyoroti sifat jaringan media China yang terkadang ceroboh dan tidak canggih. Berjudul Seven Sins of India, video itu menggunakan bahasa dan penggambaran yang rasis, dengan banyak yang mengira video tersebut mengungkapkan tingkat ketidakpedulian akan konvensi sosial yang dapat diterima di panggung dunia.

CGTN juga dikritik karena ujaran rasis terhadap orang asing dan Yahudi pada tahun 2012 di Weibo oleh pembawa acara talkshow terkemuka Dialogue, Yang Rui, yang hingga kini masih menjadi pembawa acara. Xinhua dan CGTN, tidak seperti Russia Today atau Al Jazeera, belum menciptakan merk internasional yang dapat diterima.

“Mereka mendapat tantangan yang belum pernah mereka tangani sebelumnya,” kata Mattis. “Bagaimana Anda dapat membangun audiens? Bagaimana Anda dapat membuat sesuatu yang menarik, bermanfaat, informatif sekaligus merusak narasi Barat? Itu bukan hal yang mudah.”

‘Strategi yang jauh lebih efektif di Afrika’

Audiens di Barat dapat membuktikan tantangan untuk dimenangkan, tetapi ada kekhawatiran bahwa Afrika lebih rentan terhadap upaya pembelian media oleh China.

“Saya pikir ini sangat berbeda di Afrika dan ini merupakan strategi yang disengaja dari negara China,” kata Dr Smith.

Sebuah laporan pada tahun 2018 oleh Pew Research Center mengindikasikan penurunan secara keseluruhan dalam peringkat kesukaan global China, tetapi negara-negara Afrika berada di antara yang paling mungkin untuk mengekspresikan sikap yang menguntungkan terhadap China. Dalam lingkungan media yang kurang kuat dan jaringan lokal yang kekurangan uang, China telah lebih aktif dalam menyusupi dan mengendalikan media Afrika.

Baca Juga: China Minta Taiwan Berhenti Jadikan Mahasiswa Mata-Mata

“Jika Anda melihat jenis penawaran yang tersedia di CGTN untuk Afrika, Anda memiliki program yang sangat canggih yang terlihat seperti BBC, dan mereka melaporkan tentang Afrika dengan pembawa acara dari Afrika,” kata Dr Smith. “Jadi saya pikir strategi itu jauh lebih efektif di Afrika.”

China juga secara aktif memengaruhi pelaporan media lokal. Hanya dalam satu contoh, pemerintah China menawarkan bantuan keuangan dan logistik untuk memperluas jangkauan FM penyiaran publik Zambia. Tindakan ini seolah-olah dilakukan untuk meningkatkan layanan publik, tetapi analisis independen dari Centre for International Media Assistance kemudian menemukan bias bagi partai yang berkuasa dalam konten siaran.

Kekuatan lunak atau invasi lunak?

Pemerintah China belum mampu menghilangkan persepsi global bahwa China adalah negara otoriter. (Foto: Reuters/Thomas Peter)

Skala dan sifat dorongan China yang terkadang secara rahasia telah mengguncang para pakar keamanan di seluruh dunia Barat, tetapi masih ada pertanyaan mengenai seberapa efektif proyeksi media China. China telah mengembangkan strategi media yang lebih kuat dan canggih, tetapi para penyiarnya tampak tak berdaya dengan persyaratan mengikuti garis partai yang menghambat kemampuannya untuk menghasilkan konten yang menarik secara luas.

Baca Juga: Perang Dagang: China Temukan Cara Baru untuk Sakiti Amerika

Tetapi Peter Mattis memperingatkan bahwa ini pada dasarnya bukanlah kampanye kekuatan lunak. “Saya pikir satu hal yang sangat penting untuk diingat tentang ini adalah bahwa ini sering disebut sebagai dorongan kekuatan lunak. Faktanya, ini bukan kekuatan lunak,” katanya. “Kekuatan lunak seperti yang didefinisikan adalah bawaan pasif. Sebaliknya, ini adalah tentang daya tarik budaya seseorang, nilai-nilai dan sistem politik, serta perilaku yang dihasilkan dari berbagai hal itu. Apa yang dilakukan China sama sekali tidak lunak, karena nyatanya aktif dan invasif.”

Pemerintah China belum mampu melepaskan persepsi global bahwa China adalah negara otoriter, tanpa adanya pesan harapan atau perubahan untuk dijual kepada dunia. Sebaliknya, taktiknya semakin agresif dalam mencoba mengendalikan medium, bukan hanya pesan yang dibawa.

“Saya pikir selama sepuluh tahun terakhir dorongannya tidak begitu tentang pesan dan lebih banyak tentang medium,” kata Mattis. “Dengan cara ini, mereka dapat menyuarakan cerita-cerita lain, mereka pada dasarnya dapat memonopoli lingkungan informasi sehingga menjadi lebih mudah bagi narasi mereka untuk dapat diterima.”

ABC telah meminta komentar dari CGTN dan Kementerian Luar Negeri China, tetapi belum menerima jawaban pada saat publikasi artikel ini.

Keterangan foto utama: Presiden China Xi Jinping mendesak CGTN untuk “menceritakan kisah China dengan baik.” (Foto: Reuters/Ludovic Marin)

 

Kampanye Media Miliaran Dolar China, Ancaman Utama Demokrasi Dunia

BERLANGGANAN

Click to comment

Beri Tanggapan!

To Top